Apa dan Mengapa Indonesia College of Lifestyle Medicine?

Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa 80% penyakit jantung, stroke dan diabetes tipe 2 dan 40% kanker dapat dicegah, terutama dengan perbaikan pola makan dan gaya hidup. Di tingkat global, 7 dari 10 penyebab utama kematian pada tahun 2019 adalah penyakit tidak menular dan menyumbang 44 persen dari semua kematian atau 80 persen dari 10 besar penyakit. Sebanyak 85 persen penyakit kronis saat ini disebabkan oleh pilihan gaya hidup yang tidak sehat di bidang nutrisi dan aktivitas fisik dan lainnya.

Semua studi proyeksi menunjukkan bahwa penyakit kronis menunjukkan  tren peningkatan yang berkelanjutan dan penyakit kronis adalah penyebab utama kematian dan kecacatan di Indonesia. Dengan demikian perlu ada solusi untuk mengatasi akar penyebab penyakit kronis dengan berfokus pada pilihan gaya hidup yang awalnya menimbulkan penyakit-penyakit tersebut. Adakah solusi untuk tantangan dan masalah ini? Indonesia College of Lifestyle Medicine (ICLM) menjawab tantangan dan menawarkan solusi.

ICLM adalah wujud desakan dan gerakan bersinergi untuk meningkatkan kesehatan individu maupun kesehatan masyarakat, serta mutu pelayanan kesehatan di Indonesia.  Lebih dari sekedar asosiasi profesi, ICLM adalah suatu kekuatan melembaga yang berperan sebagai penggerak perubahan.